Bahaya Tidur Di Dekat Handphone yang Aktif



Handphone atau ponsel terlebih smartphone merupakan suatu alat komunikasi modern yang tak bisa dipisahkan dari kehidupan kita sehari-hari. Terlebih setelah munculnya berbagai macam situs social media mulai dari facebook, twitter, path, instagram. dan sejenisnya, membuat hidup kita sangat tergantung sekali pada ponsel, entah itu waktu sekolah, makan, nyetir mobil, mengendarai sepeda motor, di kamar mandi, bahkan ketika tidur pun ponsel pintar ini seakan terus menempel di tangan kita. Khusus ketika tidur, sebaiknya matikan ponsel anda, selain menghemat baterai, juga bisa meminimalisir bahaya menyalakan ponsel ketika kita tidur. Apa saja bahayanya?

Bahaya Menyalakan Ponsel Ketika Tidur :
  1. Radiasi Elektromagnetik. Saya pernah mendengar tentang hal ini sebelumnya, tapi kalau belum tahu langsung, rasanya kurang lengkap. Dan kabar gembiranya, sekarang saya sudah tahu tentang bahaya radiasi elektromagnetik dari ponsel ini. Paparan radiasi elektromagnetik dapat menyebabkan pertumbuhan tumor dalam tubuh. Bahkan radiasi dari sinar ini bisa menyebabkan gatal-gatal pada kulit bayi (ruam).
    tidur dengan ponsel. Dok : www.dhakatribune.com
  2. Ponsel Mengandung Panas. Tanpa kita sadari, ternyata ponsel menyimpan hawa panas yang bisa membahayakan kesehatan. Sensasi panas yang ditimbulkan ponsel bisa menggigit. Agar kita terhindar dari efek panas ini, lebih baik matikan ponsel ketika tidur.
  3. Ponsel Memancarkan Blue Light. Ponsel dan jenis gadget lain mengeluarkan cahaya yang disebut blue light. Cahaya ini mampu menghambat produksi hormon melatonin yang menginduksi tidur kita. Padahal hormon melatonin dapat menetralkan radikal bebas sehingga bisa mencegah penuaan dini, menjaga fungsi jantung, dan sebagai anti kanker. Selain itu, hormon melatonin juga berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menimbulkan relaksasi otot dan membantu mengontrol mood serta menghilangkan ketegangan.
Setelah mengetahui bahaya apa saja yang ditimbulkan ketika menyalakan ponsel di saat kita tidur, apakah anda masih akan menyalakannya? 
 

0 Response to "Bahaya Tidur Di Dekat Handphone yang Aktif"

Posting Komentar